Selasa, 27 Oktober 2020

Berikut Informasi Mengenai Layanan Rapid Test yang Perlu Diketahui

Berikut Informasi Mengenai Layanan Rapid Test yang Perlu Diketahui - Rapid test merupakan layanan yang bisa digunakan untuk pemeriksaan apakah seseorang mempunyai virus corona. Jenis rapid test ini merupakan pemeriksaan dasar yang digunakan di Indonesia. Hal tersebut karena layanan ini mempunyai harga terjangkau dan juga banyak keuntungan lainnya sehingga masih umum digunakan di Indonesia. 

Layanan rapid test ini bisa Anda lakukan dan dapatkan di banyak tempat. Mulai dari datang langsung ke rumah sakit, aplikasi layanan kesehatan, dan juga dari melakukan drive thru yang disediakan oleh pihak tertentu. Adapun beberapa informasi dasar yang perlu diketahui dari layanan pemeriksaan rapid test adalah sebagai berikut ini:

 

1. Mendeteksi antibodi di dalam tubuh yang melawan virus corona

Hal pertama yang perlu diketahui mengenai layanan ini adalah manfaatnya. Dimana untuk manfaat layanan ini adalah mendeteksi antibodi yang ada di dalam tubuh. Seperti yang telah diketahui, ketika ada virus masuk ke dalam tubuh maka tubuh Anda akan bereaksi secara otomatis. Sehingga hal tersebut akan membuat antibodi yang mempunyai manfaat untuk melawan virus asing yang masuk ke dalam tubuh. Rapid test mempunyai manfaat untuk mendeteksi adanya antibodi yang terbentuk apabila sudah terpapar virus corona. Antibodi yang dicari tersebut adalah antibodi lgG dan lgM.

2. Mempunyai waktu pemeriksaan cepat

Hal selanjutnya yang perlu diketahui dari pemeriksaan rapid test adalah mempunyai waktu pemeriksaan yang cepat. Rapid test mempunyai keuntungan yang didapatkan yaitu dari waktu pemeriksaan yang lebih cepat dibandingkan pemeriksaan lainnya. Bagi Anda yang akan melakukan pemeriksaan rapid test cukup meluangkan waktu dari 10 hingga 15 menit saja. Sehingga tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan hasilnya.

3. Akan menerima hasil bisa ditunggu

Informasi selanjutnya yang perlu untuk diketahui dari pemeriksaan rapid test adalah dari hasil yang bisa ditunggu. Seperti yang telah dijelaskan seperti di atas bahwa pemeriksaan rapid test akan dapat dilakukan dengan cepat. Dimana hasil yang berupa garis akan langsung muncul setelah 15 menit melakukan pemeriksaan. Sehingga hasil tersebut bisa ditunggu dan mengetahui apakah Anda mempunyai hasil positif atau negatif. Hal ini juga akan dapat langsung mudah untuk menentukan langkah selanjutnya. Dengan hasil yang bisa ditunggu dan didapatkan secara langsung tersebut akan dapat mengurangi beban dan kekhawatiran yang dirasakan.

4. Mempunyai keakuratan yang rendah

Informasi selanjutnya dari layanan ini adalah keakuratannya yang rendah. Seperti pada manfaatnya jenis pemeriksaan ini adalah pemeriksaan paling dasar dari virus corona. Dimana hasil pemeriksaan yang dipunyai adalah untuk antibodi yang ada di dalam tubuh. Sedangkan untuk antibodi tersebut akan terbentuk dalam waktu relatif lama di dalam tubuh. Sehingga untuk hasil tersebut kurang efektif. Oleh karena itulah banyak yang menganggap bahwa rapid test tidak mempunyai keakuratan yang rendah hanya 18 persen saja.

5. Harus melakukan pemeriksaan rapid test sekali lagi

Hal terakhir yang perlu diketahui dari layanan rapid test adalah harus melakukan pemeriksaan sekali lagi setelah pemeriksaan pertama. Bagi Anda yang mendapatkan hasil negatif perlu untuk melakukan pemeriksaan lanjutan dalam jangka waktu kurang lebih 2 minggu setelahnya. Hal tersebut karena antibodi akan baru terbentuk dalam waktu 2 minggu tersebut. Sehingga nantinya akan mempunyai hasil yang dapat lebih dipastikan apakah mempunyai antibodi yang dapat melawan virus corona di dalam tubuh atau tidak setelah pemeriksaan lanjutan ini.

 

Load comments