Selasa, 19 Desember 2017

7 Mentalitas + 3 Material Utama Seorang Bloger. Hal Pertama Kali Diperhatikan Saat Menciptakan Blog


 Hal Pertama Kali Diperhatikan Ketika Membuat Blog 7 Mentalitas + 3 Material Utama Seorang Bloger. Hal Pertama Kali Diperhatikan Ketika Membuat Blog

Hal pertama kali diperhatikan ketika menciptakan blog – Mungkin terlintas dipikiran sobat  sebuah pertanyaan: “Bagaimana ya, supaya blog saya ini cepat mendapat pengunjung?” atau “Bagaimana ya cara sanggup penghasilan dari blog”. Alangkah baiknya sebelum memulai ngeblog, sobat mengetahui apa saja yang menjadi kerikil pertama ketika medirikan fondasi blog sehingga sobat sanggup meletakan material lan mirip postingan, tekhnik SEO, dan seni administrasi promosi.

Dan pada postingan kali ini, Wak Jamal akan membahas perihal apa saja yang harus diperhatikan pertama kali setelah gres menciptakan blog yaitu 7 Mentalitas + 3 Material Utama Seorang Bloger.

Dalam hal pertama kali yang harus diperhatikan ketika menciptakan blog. Bekal utama untuk memulai ngeblog yakni mentalitas dan materi, seorang bloger tidak akan pernah melewatkan dua hal ini. Kita tidak sanggup meninggalkan dan mengacuhkan salah satu di antaranya. Ibarat pijakan kaki mentalitas yakni kaki yang kita pijakan untuk melangkah. Sedangkan material yakni tanah yang dipijak.

  •      Mentalitas dan Sikap


Persiapan mental dan perilaku merupakan modal pertama dari semua kegiatan dan tindakan termasuk ngeblog. Bagaimana tidak, seorang yang telah mengalami kesuksesan biasanya sudah mempersiapkan mentalnya dengan kesungguh-sungguhan dari awal. Dan persiapan mental ketika pertama kali ngeblog yakni :

1.    Niat dan Tekad

 Hal Pertama Kali Diperhatikan Ketika Membuat Blog 7 Mentalitas + 3 Material Utama Seorang Bloger. Hal Pertama Kali Diperhatikan Ketika Membuat Blog
"Start from number one, not zero"

Kerjakanlah segala sesuatu dengan niat.

Dalam dunia bloging perlu dibutuhkan suatu tekad atau kesungguhan dari sang penulis. Niat merupakan ‘benih’ awal dari segala sesuatu dan ‘tanah’-nya yakni tekad. Begitupun dalam kegiatan blog.

Dengan tekad tersebut, sobat sanggup menentukan arah blog dan dalam perkembangan selanjutnya, sobat sanggup menentukan apa-apa saja yang akan diperbuat. Dunia maya ini berbeda dengan dunia nyata, tidak mirip dunia nyata, kita sanggup menanyakan apa tujuan anda, apa yang akan anda lakukan untuk ini untuk itu bla bla bla. Di dunia maya seseorang tidak sanggup secara pribadi mengetahui niat kita termasuk dalam bloging. Jadi, tunjukan visi misi sobat dalam ngeblog.

Bloger itu tidak sama sifatnya dan bermacam-macam pula ambisinya, ada yang niatnya hanya mencari pengalaman dan teman, membentuk komunitas, atau ingin mendapat penghasilan, atau cuma sekedar menuangkan hobi menulis di dunia maya. Menurut wak, semuanya merupakan ambisi yang positif dan tidak keliru, asalkan kita memang sungguh-sungguh serta tidak melupakan nilai norma dalam mewujudkanya.

Maka dari itu tidaklah salah kalau sobat awalnya ngeblog karna uang atau ingin menjadi terkenal, sanggup jadi dengan niat tersebut blog yang sobat rintis akan berkembang pesat. Maka jadikan niat dan tekadmu menjadi sebuah kesenangan tersendiri.
Makara sobat, apa tekad kalian dalam ngeblog ketika ini?

2.    Konsistensi

 Hal Pertama Kali Diperhatikan Ketika Membuat Blog 7 Mentalitas + 3 Material Utama Seorang Bloger. Hal Pertama Kali Diperhatikan Ketika Membuat Blog
"Konsistensi yakni kunci pengalaman berharga"

Jika sobat telah mempunyai tekad berpengaruh maka sobat perlu menjaga nutrisi blog sobat dengan konsistensi. Seperti pupuk, konsistensi merupakan zat hara yang akan menyuburkan blog kita. Konsisten di sini diartikan sebagai upaya kita untuk bertahan ngeblog. Konsistensi tercipta kalau kita selalu mempunyai semangat.

Jika sobat ingin menciptakan blog ber-niche (blog dengan satu tema), alangkah baiknya menentukan tema/niche yang sobat senangi. Jangan pernah mencoba bidang yang belum dikuasai. Jika sobat paham di dunia kesehatan maka buatlah blog wacana kesehatan beserta tips-tipsnya. Atau sobat yang paham mesin, sanggup membuka bengkel online atau hal yang berkaitan dengan mekanik.

Seringkali bloger merasa terpaksa karna menulis ‘yang aneh-aneh’. Sama mirip perumpamaan dokter disuruh menjahit, yaa tidak nyambung. Lagian, blog berniche khusus dipandang baik oleh pembaca dan mesin pencari. Begitupun dari sudut pandang kita sebagai author, kita sanggup menargetkan pasar yang ada. Jadi, alangkah baiknya kalau kita mengkhususkan blog kita biar sobat tetap enjoy ngeblog.  

Jangan hingga jarum penjahit menusuk jari kita.

Terus, bagaimana wak dengan kami yang mempunyai blog gado-gado?

Memang, biasanya blog gado-gado sering dipermasalahkan dalam ke-konsistensiannya. Tapi jangan salah, para sobat bloger niche gado-gado ini telah menjadi pelajar di segala bidang. Bayangkan saja, penulis blog gado-gado ini dengan kreatif menulis ulang informasi yang didapatnya dan sanggup dikatakan mereka ini merupakan pembaca ulung, karna setiap waktunya mencari materi yang akan dibahas. Asalkan sobat enjoy dengan gado-gado ya silahkan. Bahkan, kalau sobat bersungguh-sungguh dalam mengelola blog niche gado-gado, blog sobat berkemungkinan besar menjadi famous dan populer plus penghasilan mantap, mirip misalnya blog Mastimon.

3.    Keunggulan

 Hal Pertama Kali Diperhatikan Ketika Membuat Blog 7 Mentalitas + 3 Material Utama Seorang Bloger. Hal Pertama Kali Diperhatikan Ketika Membuat Blog
"Jadilah bloger yang unik dan unggul"

Ketika terjun ke dunia bloging, sobat harus tau kalau persaingan di internet sangat berat. Bagaimana tidak, pengguna aktif blogger saja kini sekitar jutaan. Semua mempunyai tipe-nya masing masing. Mereka mengatakan artikel berkualitas dengan sajian yang khas. Maka dari itu sebagai orang pertama mau masuk dunia bloging. Kita harus mencari keunggulan kita baik itu dari segi tutur tulis, penyampaian visual atau kelengkapan informasi. Karna berdasarkan penelitian, orang-orang akan selalu ingat dengan sesuatu yang unik dan khas.

Bagaimana kalau tidak mempunyai keunggulan, wak. Apa yang harus saya dilakukan?

Begini sobatku, semua orang mempunyai kelebihan dan kelemahan. Bohong sekali kalau sobat tidak mempunyai keunggulan. Maka dari hal tersebut carilah keunggulan kita dan ekploitasikan. Kadang kala sesorang gres mengetahui bahwa dirinya mepunyai bunyi emas ketika bernyanyi di kamar mandi atau menulis puisi untuk pacar yang pada jadinya menjadi pujangga penyair. Seperti yang Wak Jamal dengar dari TV “Bakat itu yakni ketika lo tidak pernah menyerah” :D

Sama, dalam bloging juga demikian. Bisa jadi sobat yang mempunyai talenta desain grafis, sanggup menciptakan konten berkualitas dengan tampilan visual blog yang menarik. Atau sobat yang cendekia merangkai kalimat, sobat sanggup menjadi copywriter handal. Atau barang kali sobat mempunyai pengetahuan lebih mengenai SEO (Search Engine Optimazition), sobat menciptakan postingan melayang di page one mesin penelusur. Namun perlu diingat untuk SEO memang perlu dipelajari secara intens karna sifatnya fleksibel dan terjadwal (up to date).

4.    Kejujuran

 Hal Pertama Kali Diperhatikan Ketika Membuat Blog 7 Mentalitas + 3 Material Utama Seorang Bloger. Hal Pertama Kali Diperhatikan Ketika Membuat Blog
"Menjadi pribadi yang jujur dan rasakan hasilnya"

Kejujuran diibaratkan jamu bagi tubuh, meski pahit tetapi menyehatkan. Demikian pada blog, dengan kejujuran kita sanggup menempuh banyak sekali rintangan dengan rasa bahagia. Contohnya nih, kalau sobat mau menulis artikel original karya tangan sobat sendiri. Waah.... rasa puas akan muncul di hati, kalau ada pengunjung yang membaca artikel/postingan sobat, walaupun cuma satu saja rasanya tuh nyess.... nikmat.

Seperti halnya dengan SEO, jangan hingga sobat terjatuh ke praktik hitam SEO. Ada banyak jalan sesat supaya postingan blog (yang katanya) mendapat tempat di google dengan menebar spam, jual beli visitor dan sebagainya. Hindari yang demikian, jalani saja yang legal dan keep write. Menulislah dengan mengutamakan kualitas sehingga mesin penelusur akan melihat dan menilai dengan algoritma misteriusnya.

Suatu ketika ada bloger yang mencuri artikel orang lain, tanpa merasa dosa ia copy-paste semuanya dengan tuntas tanpa pengubahan sedikitpun. Lalu timbul pertanyaann apakah pembaca akan respek dengan tindakan bloger tersebut? So pasti. Sang pembaca akan menilai jelek blog tersebut dan memberi brand blog copas, blog murahan dan sebagainya. Lebih-lebih hal tersebut berdampak pada visabilitas blog di mata mesin pencari.
Kasus diatas merupakan sekurangnya-kurangnya dampak karna tidak jujur, terlebih ada dampak yang paling menggerikan, yaitu tidak sanggup meninggalkan kebiasaan copas kemudian sang copaser menjadi tidak kreatif lagi karna sudah fasih mencuri, hiii serem.

Wak Jamal pernah mendengar quote yang bunyinya demikian “Azab terbesar bagi pelaku kejahatan bukanlah penjara, melainkan yakni perasaan besar hati dan tidak sanggup terlepasnya pelaku dari tindakan kejahatan tersebut”.

5.    Rasa Ingin Tahu

 Hal Pertama Kali Diperhatikan Ketika Membuat Blog 7 Mentalitas + 3 Material Utama Seorang Bloger. Hal Pertama Kali Diperhatikan Ketika Membuat Blog
"Belajar supaya lebih tahu banyak lagi"


Curiosity, begitulah nama inggris-nya. Bagi sobat yang gres mulai ngeblog, alangkah bagusnya kalau sobat selalu ingin tau dengan istilah-istilah blog. Banyak bertanya merupakan salah satu ciri orang pintar. Dan umumnya pertanyaan bloger pemula mirip Wak Jamal ini yang sering diajukan adalah:
a.    Apa itu blog dan bagaimana cara membuatnya?
b.    Bagaimana cara supaya pengunjung sanggup melihat blog kita?
c.    Apa itu Search Engine Optimazition (    SEO) dan dampak bagi blog?
d.    Bagaimana cara mengolah instruksi HTML dan Javascript
e.    Bagaimana cara mendapat uang dari blog? Dll.

Terkadang seorang bloger merasa canggung untuk mencoba hal yang baru. Mereka biasanya menganggap suatu yang ada di blog merupakan hal rumit untuk dipelajari. Inilah yang harus dihilangkan dari diri seorang bloger. Malas mencoba sesuatu yang gres merupakan awal musibah kita dalam ngeblog. Tertinggal sedikit saja, peringkat kita bakalan turun seiring dengan kemajuan pola pikir bloger lain yang selalu berguru dan haus pengetahuan.

Makara untuk sobat yang gres memulai ngeblog, jangan sungkan bertanya dan mencari informasi di google. Jangan menjadi bloger kudet (kurang update), karna informasi itu bagaikan arus yang mengalir tiap detik. Jalinlah kekerabatan baik dengan bloger lain, baik yang senior dan sesama pemula.

Sobat sanggup bersilaturahmi secara online dengan kegiatan blog-walking atau mengikuti aktivitasnya di sosial media. Di dunia kasatmata kalian sanggup mengikuti komunitas blogger atau menghadiri event yang berlangsung.

Malu bertanya itu gula atau garam, terminum kopi keasinan gres terasa muram.

Jika sobat bloger pemula mau bertanya dengan sesama kita (para junior), silahkan corat-coret pertanyaanmu di kolom komentar ya sob!  Hehe... ;-)

6.    Keuletan


Ketika dulu saya mendapat juara umum 1 waktu SMA, wali kelas saya pernah bilang, “Pertahankan prestasimu karna mempertahankan itu lebih susah daripada menggapai”.

Benar adanya pada tahun berikutnya wak sudah tidak lagi juara umum, padahal (menurut wak) sudah berusaha semaksimal mungkin. Sekilas pengalaman gak penting dari Wak Jamal, pelajaran yang sanggup dipetik yakni perlunya perilaku ulet dalam segala usaha. Andaikata ada angka diatas angka satu, capailah.

Keuletan merupakan kembaran dari konsistensi. Yang menciptakan beda yakni kalau konsistensi diukur dari kuantitas, sedangkan keuletan diukur dari segi kualitas. Keuletan dalam artian tekun dan bersungguh berguru hingga bisa, serta terus berinovasi dalam memajukan tindak-tanduk ngeblog. Keuletan akan nampak ketika sobat sudah usang berkecimpung di dunia blog. Namun, apa salahnya kalau dipersiapkan sekarang?

Suatu ketika ada bloger yang sudah diambang kesuksesan dengan pengunjung diatas 1000 per hari dan jumlah postingan 200-an lebih namun memutuskan pensiun dini karna tak kunjung mendapat penghasilan sehingga meninggalkan kegiatan bloging-nya, padahal kalau sedikit lagi bertahan sang bloger tersebut sanggup menggapai kesuksesan yang di-impikannya. Mereka (yang katanya) sudah yakin berusaha sekuat tenaga, Wak Jamal yakin sekali mereka niscaya ketinggalan sesuatu yang penting yang hanya diketahui sang bloger itu sendiri. Dunia per-blog-an itu sanggup dibilang kejam, “Lambat dibiar, ikan dimakan kucing”. Perlu optimis dan ketekunan untuk tetap bertahan. Keuletan merupakan roket menuju visi dan misi blog sobat.

7.    Kesabaran

 Hal Pertama Kali Diperhatikan Ketika Membuat Blog 7 Mentalitas + 3 Material Utama Seorang Bloger. Hal Pertama Kali Diperhatikan Ketika Membuat Blog
"Be patience bro....."

Blog sukses apapun nichenya niscaya dibarengi dengan kesabaran dalam mengolahnya. Sobat harus paham kalau blog bukanlah sesuatu yang instan. Tidak semudah membalikan telapak tangan, blog sukses mempunyai nilai histori tersendiri yang dialami oleh sang author blog dan pembaca setianya.

Hal yang pertama sobat pertanyakan dalam diri: “Apakah saya betul-betul menulis artikel dengan sabar dan ikhlas?”. Karna kalau tidak ikhlas, sobat akan menjadi gampang kecewa ketika ekspektasi tak sanggup ter-realisasi bahkan besar kemungkinan pensiun dini.

Di awal perkembangan blog, sobat akan disuguhkan dengan trafik blog yang memprihatinkan atau sepi komentar. Menurut wak ini merupakan hal wajar. Sebab sebagai orang gres kita perlu berasimilasi dengan perkembangan blog kita. Sobat harus bersabar dalam belajar. Jika dikaitkan antara berguru dan bersabar maka hubungannya bagaikan dua buah mata manusia. Serupa, berdekatan dan saling mendukung.

Jadi, sobat harus bersabar dalam ngeblog. Jalankan kegiatan bloging sesuai mekanisme secara tertib dan ikhlas-lah meniti step by stepnya, dari mencari referensi, merangkai kata, menciptakan gambar pendukung dan mengoptimasi SEO nya. Dijamin deh sobat akan mencicipi buah kesabaran tersebut.
Jika sobat bertemu orang yang sangat sabar, perlu diselidiki jangan-jangan orang tersebut yakni bloger.  :D

Demikian klarifikasi mengenai mental dan perilaku utama seorang bloger. Seperti yang diucapkan Wak Jamal sebelumnya, mental dianalogikan sebagai konstruksi suatu bangunan, dari awal peletakan kerikil pertama hingga bangunan blog tersebut bediri secara kokoh kemudian yang dibutuhkan selanjutnya yakni furniture blog atau material blog.

   
  •     Material Blog


Jika sobat telah semangat memutuskan untuk memulai ngeblog, sobat harus paham komponen apa saja yang terdapat di dalam blog. Sehingga sobat sanggup memperlancar perkembangan blognya kelak mengantar sobat menjadi bloger sukses. Adapun komponen atau material blog yakni:

1.    Template - Pilihlah template yang nyaman bagi pengunjung.

 Hal Pertama Kali Diperhatikan Ketika Membuat Blog 7 Mentalitas + 3 Material Utama Seorang Bloger. Hal Pertama Kali Diperhatikan Ketika Membuat Blog
Blog Wak Jamal menggunakan template Evomagz dari Mas Sugeng

Template merupakan suatu susunan acara khusus bahasa html, css, javascript dan bahasa acara komputer lainnya yang berfungsi sebagai desain dasar web/blog. Adapun template ini terdapat pada blog yang ber-platform Blogger, sedangkan untuk Wordpress disebut theme. Template ini ada yang sanggup di modifikasi baik secara konvensional maupun dari sumber instruksi programnya.

Di dalam tampilan blog sobat pada pertama kalinya, secara default terpasang template simple (pada blogger). Sehingga sobat harus mengubah dan memodifikasi dengan teknik manual mirip mengotak atik instruksi html, css, js dan lain-lain atau mengupload template yang sudah jadi dari pihak ketiga.

Template harus diadaptasi dengan niche blog, sehingga pengunjung blog akan merasa nyaman dan betah dengan tampilan blog sobat. Yang pastinya template yang anggun yakni template dengan tampilan blog yang sederhana dan nyaman di mata. Navigasi blog juga terang dan satu lagi, responsif.

Untuk sobat yang gres memulai ngeblog, sebaiknya sobat tidak menerapkan template yang rumit dulu. Maksud rumit disini yakni template dengan tampilan canggih dan bernuansa mewah atau wahhh gitu. Karena berdasarkan pengalaman Wak Jamal, template yang mirip ini biasanya lemot sehingga memberatkan visitor. Bayangkan aja sob, pengunjung blog kau beranjak dan kabur karna kelamaan menunggu loading blog sobat yang berat, gak mau kan?. Loading yang usang ini disebabkan enskripsi acara blog ataupun widget yang berlebihan.

Hindari penggunaan widget yang abnormal dan bermacam-macam, selain norak widget yang banyak dan mubazir juga menciptakan pembaca pusing. Juga hindari penggunaan template dark alias gelap, karna mata insan akan cepat lelah membaca postingan dengan kondisi kurang cahaya. Namun, ada juga template dark yang anggun dan nyaman dibaca, template ini juga cocok bagi sobat yang menekuni blog tema horor atau misteri.

Wak, template saya yang kini ini emang loadingnya agak lama tapi tampilannya keren banget. Saya berat mau menggantinya, saya udah terlanjur suka dan cocok dengan template ini.

Begini my sob. Sebenarnya tidak problem template apa yang sobat gunakan, namun pertanyaan-nya apakah pengunjung juga suka dengan template sobat. Menurut wak di awal-awal perintisan sebaiknya gunakan template yang masuk akal saja dulu asalkan teks/tulisannya jelas, ada navigasinya serta kemudahan yang memang diperlukan. Kalau blog sobat sudah berkembang menuju kesuksesan (Amiin), gres deh sobat bereksperimen dengan template/theme yang canggih-canggih. Karena di masa tersebut pengunjung blog sudah stabil dan banyak yang mengenal. Kalau telah anggun blognya, niscaya ada fans yang setia mengunjungi blog sobat bagaimanapun keadaan templatenya (asalkan tidak menggangu).

Untuk penggunaan tempalate, blog Wak Jamal ini menggunakan template Evomagz karya Mas Sugeng. Template ini udah populer di penjuru internet, karna desainnya yang keren, mudah, lezat dipandang, responsif dan bersahabat dengan mesin pencari alias SEO template. Sobat juga sanggup mencari template anggun di google. Sobat bebas memilih, ada yang gratis dan juga yang berbayar.

2.    Navigasi - Buatlah navigasi blog untuk memudahkan pengunjung.

 Hal Pertama Kali Diperhatikan Ketika Membuat Blog 7 Mentalitas + 3 Material Utama Seorang Bloger. Hal Pertama Kali Diperhatikan Ketika Membuat Blog
"Navigasi akan mempermudah pembaca memahami isi blog mu"

Ketika gres pertama kali ke Jakarta, wak tidak tahu apa-apa mengenai daerahnya. Wak hanya sekedar tahu monas, istana negara, dufan ancol, tapi tidak tahu arah jalan ke kawasan tersebut. Apa yang wak butuhkan ketika itu?.   Yappp! Peta!

Begitupun dalam blog, pengunjung harus tahu apa saja isi blog kita terutama arah dan tujuannya. Kita harus memberi petunjuk arah, sehingga memudahkan pembaca menemukan informasi yang dibutuhkan. Dalam hal ini, peta tersebut disebut navigasi blog.

Navigasi harus ada dalam blog sobat. Karna navigasi merupakan salah satu material blog yang sangat penting, sehingga blog sobat menjadi rapi dan sistematis. Navigasi ini meliputi label, sub-label, tentang, kontak, privacy policy, disclaimer, term of service dan peta situs (daftar isi).

Pembuatan label dalam tiap postingan juga disarankan, supaya nantinya sanggup ditentukan sub-niche nya. Apalagi bagi sobat yang menciptakan blog gado-gado. Pelabelan juga menciptakan blog sobat menjadi rapi dan lebih gampang untuk pengaksesan postingan.

3.    Artikel - Tulislah artikel yang berkualitas dan mempunyai khas.

 Hal Pertama Kali Diperhatikan Ketika Membuat Blog 7 Mentalitas + 3 Material Utama Seorang Bloger. Hal Pertama Kali Diperhatikan Ketika Membuat Blog
"Content is a KING!"

“Artikel yakni nutrisi blog”. Benar saja, blog juga memerlukan ‘makanan’, supaya blog sanggup tetap sehat ceria. Dan nutrisinya yakni artikel. Artikel juga digawai sebagai jiwa-nya blog, kalau jiwanya anggun maka blognya juga bagus. Artikel berasal dan berawal dari inspirasi cemerlang sehingga perlu keterampilan cemerlang pula untuk mendapatkannya. Induk dari segala kegiatan yang menyangkut bloging yakni keterampilan menulis. Makara untuk menekuni blog dari awal hingga final sobat harus mempunyai keterampilan menulis.

Pada awal-awal ngeblog sobat tidak perlu menjadi penulis jago, cukup dengan menulis ‘apa adanya’ sehingga sobat sanggup menemukan style atau keunikan dari yang sobat tulis. Sobat sanggup menuangkan pengalaman atau opini yang sobat anggap menarik. Lalu pada tahap selanjutnya, sobat sanggup menulis ulang artikel yang telah dibaca baik di buku atau internet tanpa meninggalkan ciri khas sobat. Istilah keren-nya rewriting

Untuk menghasilkan goresan pena yang lezat dibaca itu memang tidak gampang sob. Perlu keuletan dan konsistensi. Kadang kala seseorang merasa berat dan enggan mau menulis dikarnakan ia sendiri tidak menyukai kegiatan menulis tersebut atau hasrat menulisnya menurun. Maka dari itu diawal-awal sobat harus menyayangi menulis dan bloging. Cukup tulis yang disenangi, sehingga sobat tidak merasa tertekan. Namun bagi bloger yang sudah melalang melintang di dunia literasi dan jago merangkai kata, bloger tersebut sanggup menyesuaikan tulisannya di segala bidang. Hebat kan sob?
Intinya teruslah berlatih, paling tidak satu kalimat sehari. Sesuaikan goresan pena sobat dengan niche blognya, supaya lebih teratur dan mengakar di benak.  Sehingga sobat menjadi fasih dan tidak resah lagi mau nulis apa. Tanamkan motto “tiada hari tanpa membaca”.

Hindari tindakan mencuri konten orang tanpa menambah sedikitpun (copas). Hargailah kalau mau dihargai, hargai goresan pena yang mungkin saja orang tersebut berhari-hari menulisnya, sobat pun tidak mau juga ‘kan tulisanya di copas?.   Dan hindari penulisan tanpa mengikuti kaidah literatur yang baik, karna pengunjung tidak akan suka dengan artikel yang amburadul dan minim wawasan.

Karna sering makan nasi, ke dapur tiap hari pun menjadi tak berasa.

Jadikan menulis sebagai kebiasaan, karna terbiasanya bloger cerdas yaitu karna seringnya menciptakan artikel cerdas. So, jikalau ingin menjadi bloger sukses maka baca, baca, baca, kemudian tulis apa yang kau baca.

Demikianlah postingan 7 Mentalitas Dan 3 Material Utama Seorang Bloger, Hal Pertama Kali Diperhatikan Ketika Membuat Blog dari Wak Jamal. Wak berharap dengan postingan wak kali ini kita para bloger pemula akan terdorong semangatnya buat ngeblog dan bagi bloger yang senior biar tetap berkarya melalui jalur bloging sehingga selalu memberi manfaat bagi pembaca.

Oke Wak. by the way, jelaskan lebih lanjut dong, secara detail step by step-nya dari cara mengatur template/theme, menciptakan navigasi blog dan tips menciptakan artikel postingan yang baik.

Waaah, tidak cukup waktunya sob, tidak sanggup terpengaruhi kalau ditulis semua. Bakalan tambah panjang postingan Wak Jamal: 7 mentalitas dan 3 material utama seorang bloger. hal pertama kali diperhatikan ketika menciptakan blog, kali ini.

Sebagai kesimpulan, kalau sobat gres memulai blog alangkah wajibnya menanamkan tujuh mentalitas serta lebih mempelajari tiga material utama seorang bloger. Karna dalam hidup, berguru itu selalu mempunyai proses. Demikian juga pada kegiatan ngeblog atau bloging. Makara cintailah tiap-tiap prosesnya.

Well, Insya Allah, Wak Jamal akan memposting cara mengatur template, widget dan menciptakan navigasi blog serta tips penulisan artikel yang baik, di lain waktu dan di lain postingan. Mohon bersabar yaa sob dan stay tune aja next time ;)

Akhir kata, Wak tutup akhiri postingan ini dengan salam hangat.

Dari Wak Jamal
Untuk kalian para pembaca
Cheersss.....   :D


Load comments